Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Jum'at, 17 Mei 2024
home lifestyle muslim detail berita

Olahraga Dapat Tingkatkan Kekuatan Fisik dan Digemari Rasulullah

Andi Muhammad Ahad, 24 Juli 2022 - 07:05 WIB
Olahraga Dapat Tingkatkan Kekuatan Fisik dan Digemari Rasulullah
Ilustrasi. Foto: Langit7.id/iStock.
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Menjaga kesehatan tubuh dapat dilakukan dengan berbagai hal, salah satunya berolahraga. Aktivitas ini mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan kekuatan fisik.

Pendakwah Ustaz Khalid Basalamah mengatakan, Rasulullah Saw gemar berolahraga bersama dengan para sahabatnya. Di samping hobi, olahraga tersebut berpengaruh dalam melatih fisik saat berada di medan peperangan.

"Dalam sebuah riwayat dikatakan olahraga yang paling disenangi oleh para sahabat adalah gulat dan baginda nabi salallahu alaihi wasallam memotivasi mereka untuk bergulat selepas salat Asar atau salat Duha," kata Ustaz Khalid dikutp dalam ceramahnya di akun Khalid Basalamah Official, Ahad (24/7/2022).

Baca Juga: Tinggalkan Manchester United, Jesse Lingard Gabung Klub Promosi

"Gulat yang dimaksudkan adalah gulat yang sehat. Bukan gulat yang membuat muka seseorang berdarah, tetapi bagaimana menekuk lawan sehingga tidak bisa bergerak," katanya.

Ia melanjutkan, Nabi Muhammad Saw juga sering melatih para sahabat melempar tombak, memanah, dan memainkan pedang saat menunggangi kuda. Hal tersebut untuk melatih fisik dan meningkatkan kemampuan bertarung.

"Sebagaimana banyak riwayat yang menjelaskan masalah itu, kata nabi salallahu alaihi wasallam; 'ajarkan anak kalian melempar tombak dan suruhlah mereka meloncati kuda itu, sementara kuda itu berlari'. Nabi salallahu alaihi wasallam sering praktikkan," jelas Ustaz Khalid.

Berkuda adalah salah satu olahraga yang dianjurkan dalam agama Islam. Berkuda menjadi sunnah Nabi Muhammad SAW selain berenang dan panahan. Sahabat Langit7 bisa mengajak keluarga ke tempat-tempat rekreasi bersama keluarga untuk mengajak berkuda dan quality time.

Baca Juga: Rahasia Saum Senin-Kamis: Kelak Allah Perlihatkan Amalan HambaNya

(zhd)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Jum'at 17 Mei 2024
Imsak
04:25
Shubuh
04:35
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:47
Isya
18:59
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan