Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 25 Mei 2024
home edukasi & pesantren detail berita

Pesantren Jadi Unggul sebab Padukan Iman, Ilmu, dan Amal

Muhajirin Selasa, 14 Maret 2023 - 06:00 WIB
Pesantren Jadi Unggul sebab Padukan Iman, Ilmu, dan Amal
Ilustrasi pendidikan pesantren (Foto: Istimewa)
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Ustadz Suharto, pengajar dari Pondok Modern Darussalam Gontor, mengutrakan salah satu keunggulan pondok pesantren, yaitu integratif antara teori dengan praktik.

“Pendidikan pesantren terkenal dengan pendidikan integratif yang artinya terpadu merupakan satu kesatuan yang dipadukan adalah antara iman, ilmu, dan juga amal,” kata Suharto dalam tausiahnya di Gontor TV, Senin (13/3/2023).

Pendidikan pondok pesantren tidak memisahkan antara iman, ilmu, dan amal. Dalam pendidikan yang dilakukan di pesantren, ditanamkan agar ilmu dipraktikkan atau diamalkan. Hal ini menilik pepatah ilmu setinggi apapun tidak akan bermanfaat jika tidak diamalkan. Jika diamalkan, maka akan menjadi ilmu yang berkah.

Baca Juga: Untung Ada Pesantren, Benteng Moral Anak Bangsa

Tak hanya integrasi pendidikan, para santri juga ditanamkan antara akidah syariah dan ahlak akidah (keimanan) sebagai inti. Di samping itu, syariah juga menjadi implementasi ahlak yang buahnya menjadi satu kesatuan.

“Di samping itu juga ditanamkan sebuah kesatuan, pendidikan di pesantren itu berupa iman, Islam, dan ihsan. Iman keyakinan Islam adalah bentuk ketundukan dan ketaatan. Ihsan adalah bentuk kualitas kita dalam beribadah. Beramal saleh itu semuanya ditanamkan di pondok pesantren,” ungkap Suharto.

Menurut Suharto, model pendidikan seperti sulit didapatkan di lembaga pendidikan lain. Pendidikan pesantren merupakan sistem pendidikan yang tak bernilai harganya. Maka itu, dia mengajak seluruh masyarakat bersyukur akan keberadaan pesantren.

Baca Juga: Waspadai 2 Masalah Psikologis Santri di Pondok Pesantren

“Untung ada pesantren, kemudian kalau kita melihat pendidikan pesantren itu juga komprehensif, yang artinya menyeluruh dan mencakup. Di sana ada pendidikan jasmani, yang artinya mengutamakan santri untuk mempunyai badan yang sehat,” ungkap Suharto.

Kemudian, juga ada pendidikan yang mencerdaskan dengan berbagai macam wawasan ilmu pengetahuan. Ada pula pendidikan berupa tazkiyatun nufus, sehingga membuat santri bisa menata hati agar mencapai level ihsan.

“Maka, bagaimana kita tidak bersyukur, karena pendidikannya seperti ini komprehensif,” ujar Suharto.

Baca Juga: BUM-Pes Penanda Pesantren Tak Hanya Berperan sebagai Tafakufiddin

Suharto menjelaskan, masih banyak lagi nilai-nilai yang diajarkan di pondok pesantren. Nilai nilai itulah, menurut dia, yang membuat Allah menjaga pondok pesantren tetap eksis hingga saat ini karena pesantren mengajarkan pendidikan yang bernilai abadi.

“Pesantren itu menghidupkan Al Qur’an yang dijamin oleh Allah akan dijaga hingga hari kiamat, maka selama pesantren itu menanamkan, mengajarkan, memelihara, menjaga Al Qur’an, Insya Allah Pesantren juga akan dijaga oleh Allah,” ujar Suharto.

(jqf)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 25 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:47
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan