Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 05 Mei 2024
home masjid detail berita

Tafsir Al-Maidah Ayat 39: Syarat Allah Terima Taubat HambaNya

Andi Muhammad Jum'at, 26 Agustus 2022 - 04:00 WIB
Tafsir Al-Maidah Ayat 39: Syarat Allah Terima Taubat HambaNya
Tafsir Al-Maidah Ayat 39: Syarat Allah Terima Taubat HambaNya. Foto: Langit7.id/iStock.
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Manusia tidak luput dari kesalahan dan dosa-dosa. Namun sebesar apapun dosa yang diperbuat akan diampuni Allah SWT bila seorang hamba benar-benar bertaubat.

Seperti halnya pencuri bertaubat atas perbuatannya dan tidak mengulangi, maka Allah akan mengampuni dosa-dosa yang telah dia perbuat. Allah SWT berfirman dalam surat Al-Maidah ayat 39:

فَمَن تَابَ مِنۢ بَعْدِ ظُلْمِهِۦ وَأَصْلَحَ فَإِنَّ ٱللَّهَ يَتُوبُ عَلَيْهِ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ غَفُورٌ رَّحِيمٌ

Artinya: Maka barang siapa bertaubat (di antara pencuri-pencuri itu) sesudah melakukan kejahatan itu dan memperbaiki diri, maka sesungguhnya Allah menerima taubatnya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Dalam tafsir Al-Wajiz, Syekh Wahbah az-Zuhaili menjelaskan, siapa saja yang bertaubat dari tindakan mencuri dan menyesal atas perbuatannya di masa lalu, lalu memperbaiki amalnya dengan mengembalikan barang curian kepada pemiliknya, dan memperbaiki seluruh amalnya, maka sesungguhnya Allah itu menerima taubatnya. Sejatinya Allah itu Maha Pengampun bagi orang yang meminta ampunan dan Maha Penyayang bagi orang yang bertaubat dan berserah diri.

Baca Juga: Ancaman Allah SWT kepada Seorang Pembunuh Jika Tidak Bertaubat

Dalam Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir karya Syekh Dr Muhammad Sulaiman Al Asyqar dijelaskan:

فَمَن تَابَ مِنۢ بَعْدِ ظُلْمِهِۦ وَأَصْلَحَ

(Maka barang siapa bertaubat (di antara pencuri-pencuri itu) sesudah melakukan kejahatan itu dan memperbaiki diri), yakni barang siapa yang bertaubat dan memerbaiki perbuatannya setelah tangannya dipotong karena mencuri, maka Allah akan menerima taubatnya.

Rasulullah SAW bersabda: "Barang siapa yang bertaubat sebelum matahari terbit dari arah terbenamnya, niscaya Allah akan menerima taubatnya." (HR Muslim).

Dalam sunnah ditetapkan bahwa apabila perkara-perkara yang melazimkan hukuman had jika telah diangkat kepada Imam atau pemimpin, maka hukuman tersebut tidak boleh diganggu gugat dan tidak boleh dibatalkan lagi.

Baca Juga: Jawaban Haru Angel Lelga Saat Diminta Kembali ke Nasrani

(zhd)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 05 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:13
Maghrib
17:49
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan